free site stat Pengaduan Produk palsu ke BPOM - DALBAS.COM

Pengaduan Produk palsu ke BPOM

Cara mudah Melakukan Pengaduan Produk ke BPOM

Hai sahabat Dalbas Semua bertemu lagi dengan admin yang menyediakan informasi terbaru dan terupdate.Demi keamanan, sebelum membeli produk kosmetika, obat dan pangan, sebaiknya Anda cek dulu kelayakan produk yang ada via BPOM.

Jika menemukan bahan obat, kosmetika dan olahan pangan yang sekiranya tak layak edar atau memiliki kemasan mencurigakan yaitu tak dilengkapi bahan komposisi yang jelas, Anda juga bisa melaporkannya ke Balai Besar POM.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)sendiri punyai tugas pemerintahan di bidang supervisi obat dan makanan disesuaikan bersama peraturan keputusan perundang-undangan.
Obat dan makanan yang dimaksud di sini terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesegaran, kosmetik dan pangan olahan.

Read :  Viral Istri Sah yang Tengah Hamil Gerebek Suaminya Lagi Berduaan

Kewenangan BPOM luas. Mencakup penerbitan izin edar product dan mengeluarkan sertifikat disesuaikan bersama baku dan persyaratan keamanan, khasiat dan fungsi, dan juga pengujian obat dan makanan disesuaikan bersama ketetapan yang berlaku.

Tidak cuman tersebut, BPOM juga jalankan intelijen atau penyelidikan di bidang supervisi obat dan makanan, berwenang menarik product yang tidak mencukupi baku, dan bisa pula memberi hukuman administratif jika ada pelanggaran-pelanggaran.

Cara cek produk yang ditarik BPOM

Lantas klik daftar product dan pilih daftar product ditarik. Di situ Kamu bisa memirsa product obat, kosmetik dan olahan pangan apa saja yang udah ditarik BPOM berasal dari peredaran.

Jika ingin melacak product yang spesifik, Kamu bisa memasukkan kata kunci berupa sebutan product atau julukan pemilik product.

Read :  Siti Sarah Penyanyi Malaysia Meninggal Dunia Setelah Melahirkan

Untuk cek product yang tak layak edar ini, Kamu juga bisa terhubung aplikasi Cek BPOM yang bisa Kamu unduh di Google Playstore.

Hampir serupa bersama laman formal, di aplikasi ini Kamu juga bisa cek product berdasarkan pemilahan product ditarik, product teregistrasi, atau public warning.

Cara pengaduan produk

Untuk mengadukan product tertentu, Kamu bisa membuka laman resmi www.pom.go.id. Kemudian lakukan langkah berikut ini:

1. Klik bagian layanan online.

2. Klik bagian unit layanan pengaduan konsumen.

3. Pilih form pengaduan dan isi data-data yang ada. Seperti nama, jenis kelamin, alamat, email, medsos, nomor telepon, dan isi pengaduan.

4. Anda juga harus menyertakan dokumen pelengkap yang mendukung pengaduan Anda seperti foto produk terkait. Unggah dokumen lewat fitur yang ada di formulir pengaduan.

Read :  HP Ram 6gb Dibawah 2 Juta Edisi Juni 2021

5. Tunggu klarifikasi selanjutnya dari BPOM.

Disampaikan bahwa untuk menyampaikan pengaduan, Kamu juga bisa menghubungi Contact Center   Halo Bpom, yaitu di:

  • Telepon: 1500533.
  • SMS: 081.21.9999.533.
  • Email: [email protected]
  • Twitter: @HaloBPOM1500533.

Atau berkunjung segera ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen yang ada di Balai Besar POM di kota Kamu.

Recommended For You

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *