free site stat Inilah Dua cara untuk mengetahui kecepatan RAM di Windows - DALBAS.COM

Inilah Dua cara untuk mengetahui kecepatan RAM di Windows

Inilah Dua cara untuk mengetahui kecepatan RAM di Windows

Ada banyak alasan mengapa penting untuk mengetahui kecepatan RAM kita, tetapi bagaimana kita mengetahui kecepatan RAM kita?

Komputer adalah perangkat yang terdiri dari banyak komponen berbeda yang semuanya bekerja sama untuk menciptakan sistem multiguna yang koheren. Tapi salah satu komponen yang sangat penting dari sistem komputer adalah random access memory (RAM) untuk jangka pendek.

RAM sangat penting untuk multitasking karena merupakan memori kerja komputer dan sebagai tempat menyimpan tugas yang sedang berjalan untuk akses cepat. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak tugas yang dapat Anda lakukan pada satu waktu.

Tapi tidak semuanya tergantung pada jumlah memori. Kecepatan RAM juga merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Hari ini, kami akan memberi Anda gambaran umum tentang cara mengetahui kecepatan RAM PC Windows Anda.

Bagaimana Anda tahu kecepatan RAM?1. Gunakan Pengelola Tugas Windows

Metode pertama melibatkan Pengelola Tugas Windows di Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Windows 11. Pengelola tugas yang lebih lama seperti yang ada di Windows 7 dan sistem operasi yang lebih lama tidak menampilkan informasi ini, jadi jika Anda memiliki versi Windows yang lebih lama , silakan kembali ke metode lain dalam posting ini.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses Windows Task Manager. Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik kanan pada taskbar Windows dan kemudian mengklik opsi Task Manager. Atau cukup tekan tombol Ctrl + Shift + Esc Yang akan meluncurkan Task Manager.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membuka Task Manager, Anda mungkin ingin mengklik Menampilkan lebih banyak Untuk memperluas versi Task Manager yang disederhanakan. Kemudian, klik pada tab pertunjukan, di mana Anda akan melihat sejumlah metrik tentang penggunaan CPU, RAM, dan GPU.

Read :  Bansos untuk Pedagang Kecil, Rp 3,5 Juta

Klik Penyimpanan Untuk melihat informasi tentang RAM Anda. Di bawah grafik itu sendiri, Anda akan dapat melihat beberapa informasi tentang memori Anda, seperti faktor bentuk, slot yang digunakan pada motherboard, jumlah RAM yang disediakan untuk sistem, dan kecepatan RAM.

Pada contoh di sini, Anda dapat melihat bahwa RAM admin berjalan pada 2400MHz. Sebagian besar komputer modern menjalankan RAM DDR4 antara 2133MHz hingga 3600MHz, bahkan dengan beberapa kombinasi RAM dapat melebihi 4000MHz. Di sisi lain, RAM DDR3 hanya sampai 1866MHz.

 

2. Gunakan CPU-Z

CPU-Z adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk melihat beberapa bagian data tentang komputer mereka, termasuk informasi tentang CPU dan RAM komputer. CPU-Z adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki versi Windows yang lebih lama atau jika informasi yang ditampilkan oleh pengelola tugas tampaknya tidak dapat diandalkan karena alasan apa pun.

Pertama, buka Halaman unduhan CPUID Windows. Anda dapat mengunduh versi apa pun yang Anda inginkan, meskipun kami menyarankan untuk menggunakan salah satu versi terbaru jika Anda memiliki perangkat yang lebih baru di sistem Anda. Versi terbaru CPU-Z telah menambahkan dukungan untuk memori DDR5 dan CPU Intel Alder Lake generasi ke-12.

Setelah diunduh, instal program (atau buka jika Anda mengunduh versi portabel) dan buka. Kemudian, klik pada tab Penyimpanan.

Untuk mendapatkan kecepatan RAM yang sebenarnya, Anda hanya perlu mengalikan frekuensi “kecepatan data tunggal” dengan dua: 1197,7 x 2 memberi kita 2395.4MHz, yang jauh lebih dekat dengan 2400MHz yang dilaporkan sebelumnya.

Read :  Bisnis Properti Yang Dapat Dilakukan di Desa

Mengapa mengetahui kecepatan RAM itu penting

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin mengetahui kecepatan RAM Anda. Yang pertama adalah bahwa setelah membuat PC kustom, Anda mungkin ingin memeriksa apakah RAM sudah diatur dengan benar atau tidak.

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan banyak pembuat PC adalah tidak mengatur profil XMP dengan benar di BIOS setelah mereka selesai mengatur PC mereka. Ini akan menjalankan RAM komputer Anda pada kecepatan clock default 2133MHz, bukan kecepatan yang diiklankan. Hal ini dapat mengakibatkan penalti kinerja.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui RAM yang Rusak di Laptop dan Komputer

Alasan lain mungkin untuk memeriksa apakah semuanya berfungsi dengan baik setelah memutakhirkan RAM. Jika Anda menggunakan laptop, memasang kit aftermarket yang berjalan pada 2666MHz sementara memori komputer berjalan pada 2400MHz akan menurunkan RAM ke kecepatan yang lebih lambat dari keduanya.

Bahkan menggantinya sepenuhnya mungkin tidak membuatnya berjalan pada kecepatan yang diiklankan, karena laptop Anda mungkin tidak dapat menjalankan RAM pada kecepatan di atas 2400MHz. Anda harus memeriksa ini sebelum, selama, dan setelah pemutakhiran, dan memecahkan masalah yang sesuai.

Mengapa kecepatan RAM penting?

Kecepatan RAM, atau kecepatan data, menentukan seberapa cepat memori memindahkan data ke dan dari CPU Anda. Di DDR4, atau Double Data Rate 4, kita biasanya melihat RAM berjalan pada kecepatan antara 2133MHz dan 3600MHz.

Saat Anda membeli komputer baru, atau hanya membeli memori, Anda akan sering melihat kecepatan memori tercantum pada lembar spesifikasi. Untuk RAM yang berjalan pada 3200MHz, misalnya, Anda akan melihat kecepatan RAM terdaftar sebagai “DDR4-3200”.

Read :  Kode Redeem FF Minggu 25 Juli 2021

Anda mungkin juga melihatnya terdaftar sebagai spesifikasi “PC4”, yang merupakan kecepatan data dikalikan delapan. Misalnya, memori PC4-25600 diberi peringkat 3200MHz, sedangkan memori PC4-28800 diberi peringkat 3600MHz.

Cara paling mudah untuk mengetahui kecepatan RAM adalah “fast data rate, fast RAM”. Tetapi tidak terlalu spesifik, karena beberapa faktor dapat mempengaruhi kinerja RAM Anda. Seperti latensi CAS, misalnya, latensi juga dapat meningkat seiring dengan peningkatan kecepatan data, dan hal itu dapat berdampak negatif pada kinerja.

Di sebagian besar aplikasi, memiliki lebih banyak RAM juga lebih baik daripada RAM yang lebih cepat. Namun, jika Anda bermain game, RAM yang lebih cepat dapat membantu Anda mendapatkan sedikit lebih banyak kinerja dan beberapa frame per detik.

RAM yang lebih cepat dapat menghabiskan lebih banyak biaya daripada RAM biasa, terutama ketika Anda mencoba menjaga latensi CAS tetap rendah seiring dengan peningkatan kecepatan.

Dan salah satu hal penting yang perlu diingat adalah jika Anda ingin melakukan upgrade, lebih baik Anda membeli lebih banyak RAM daripada mengganti RAM yang ada dengan RAM yang jauh lebih cepat.

 

kesimpulan

Jadi ini adalah cara mengetahui kecepatan RAM. Kecepatan RAM sering diabaikan oleh orang-orang, terutama jika kita menganggap bahwa memiliki lebih banyak RAM lebih baik daripada memiliki RAM yang lebih cepat. Namun, jika Anda perlu memeriksa apakah semuanya berfungsi sebagaimana mestinya, sekarang Anda tahu bagaimana melakukannya.

Banyak artikel Dua cara untuk mengetahui kecepatan RAM di Windows. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu. Terima kasih…

Recommended For You

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *